Waspadai Bukan Sekedar “Keseleo” atau “Salah Urat”

image

Saat tangan dan kaki “keseleo” sebagian masyarakat pergi ke dukun pijat. Dan sang dukun pijatpun pasyi memvonis keseleo atau salah urat. Tetapi yang mengerikan ternyata penelitian menunjukkan bahwa sekitar 80 persen yang ke dukun patah tulang malah cacat. Soal cacat ini memang tergantung acceptabilitas-nya. Yang lebih tragis lagi ternyata sebagian penderita yang mengalami hal itu tidak merasa cacat padahal sendi jadi lebih pendek atau menjadi pincang bila berjalan. Banyak pasien yang datang berobat ke pengobatan alternatif dan setelah beberapa saat justru fungsi tulang yang patah tidak normal lagi. Beberapa orang ada yang jalannya pincang, rentang sendi tidak maksimal, nyeri kronis, dan sebagainya.

image

Terkait istilah ‘keseleo’ atau “salah urat”  yang sering divonus tukang pijat setiap orang punya pengertian yang berbeda-beda. Namun dalam medis, tidak ada istilah keseleo.

Dalam pandangan medis bisa saha keseleo atau salah urat itu bisa saja robeknya otot, atau putusnya tendon, luka atau memar. Lalu istilah salah urat itu apa? Urat melakukan kesalahan apa? Kalau keseleo bisa saja dalam dynua medis diartikan sebagai putusnya urat tentu pengobatannya ya menyambung urat yang putus.

Sedangkan dalam medis yang dikenal adalah istilah fraktur yang berarti patah tulang, di mana terjadi terputusnya kontinuitas tulang dan ditentukan sesuai jenis dan luasnya. Karena itu jika seseorang mengalami patah tulang, seharusnya pergi ke dokter dan bukan ke dukun patah tulang untuk dipijat. Massage itu sehat, dan untuk orang sehat. Misal urat putus lalu diurut dan jadi nyambung ya itu nggak akan terjadi. Kalau diurut, lalu dia sembuh artinya tidak ada apa-apa. Padahal dalam keadaan memar biasa, dibiarkan saja tanpa diurut juga akan sembuh sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s