Otangtua Depresi Akibatkan Sulit Makan Pada Anak

image

Penelitian terkini mengungkapkan kondisi stres pada orang tua turut memengaruhi pola makan anak. Peneliti  menyebutkan bahwa anak-anak cenderung menjadi sulit makan apabila orang tuanya kerap merasa depresi atau bahkan cemas berlebihan.

Dalam studi ini, dilibatkan sekitar 5 ribu anak yang lahir di antara tahun 2002-2006. Orang tua mereka diminta melengkapi kuesioner untuk dinilai tingkat kecemasan dan depresinya.

Rentang pertanyaan dalam kuesioner ini dimulai dari masa pertengahan kehamilan sampai anak responden berusia tiga tahun. Mereka kemudian juga diminta untuk mengisi kuesioner terpisah tentang pola makan anak masing-masing.

Setelah diamati, penelitian tersebut menemukan bahwa tingkat kecemasan dan depresi pada ayah dan ibu berpengaruh secara signifikan terhadap masalah makan pada anak. Terutama anak-anak yang sudah mencapai usia balita. Belum diketahui secara pasti, apa yang menyebabkan adanya hubungan tersebut. Peneliti mengamati bahwa masalah internal ayah dan ibu memiliki keterkaitan dengan masalah makan pada anak usia pra-sekolah. Untuk mencegahnya, orang tua harus bisa mengendalikan kecemasan yang dimilikinya.

Sumber:  jurnal Archives of Disease in Childhood

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s