Senam dan Fitness

Kamis, 17 Oktober 2019 - 08:40 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Cara Senam Kegel Sederhana Untuk Pria dan Ibu Hamil Muda

Senam kegel memang kalah populer dengan senam aerobik. Senam kegel sendiri sebenarnya tak kalah dengan senam aerobik karena senam kegel ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Senam kegel ini merupakan senam yang dilakukan dan dapat menguatkan otot – otot dasar panggul yang menopang rahim. Dengan senam kegel rahim akan lebih sehat dan tentu saja vagina wanita akan lebih sehat.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan senam kegel diantaranya mencegah mengompol ketika batuk atau bersin, mengondisikan otot di sekitar panggul lebih mudah menjalankan fungsi ketika melahirkan dan bersalin. Dan tentu saja dapat membuat hubungan suami istri jadi lebih romantis. Lalu seperti apa sajakah cara senam kegel yang dapat dilakukan?

Cara Senam Kegel

Cara melakukan senam kegel ini sangat mudah. Sebelum Anda memulai senam, Anda harus tahu dengan benar mana otot yang nantinya akan Anda latih untuk ditahan dan yang akan dilatih untuk dilepaskan. Untuk memastikan otot tersebut, Anda coba hentikan aliran urin ketika Anda sedang buang air kecil atau sedang berkemih. Jika memang Anda berhasil melakukannya maka nantinya setiap gerakan dasar senam kegel juga akan Anda kuasai.

Anda dapat melakukan gerakan senam kegel dengan mengerutkan otot selama kurang lebih 5 detik dan kemudian Anda kendurkan selama 5 detik. Anda ulangi setiap gerakan tersebut 4 sampai dengan 5 kali. Sementara untuk tahapan lanjutan Anda dapat coba tingkatkan tahan otot selama 10 detik dan kemudian lepaskan juga selama 10 detik lagi. Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya Anda tetap fokus kepada otot panggul saja. Dan jangan Anda tegangkan otot pada area perut, paha dan yang lainnya.

Lalu sebenarnya kapan waktu yang terbaik untuk melakukan senam kegel ini? Anda dapat melakukan senam kegel ini kapan saja. Ada baiknya latihan senam kegel ini Anda lakukan ketika pagi hari setelah Anda bangun tidur dan juga malam hari sebelum Anda tidur. Tak harus Anda lakukan senam kegel ini pada ruangan tertentu, atau diruangan tertutup sekalipun. Setidaknya latihan senam kegel ini Anda lakukan 3 set latihan setiap harinya dengan pengulangan 10 kali pada tiap set yang Anda lakukan.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai Cara Senam Kegel bermanfaat. Selamat mencoba.

Artikel ini telah dibaca 493 kali

Baca Lainnya