Senam dan Fitness

Kamis, 6 Februari 2020 - 21:36 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Tips Pola Latihan Pembentukan Otot Kaki yang Kuat

Ingin mendapatkan bentuk kaki yang sempurna? Jika iya maka Anda harus melatih supaya Anda punya otot kaki yang ideal dan kuat. Mau tahu caranya seperti apa? Agar Anda bisa mendapatkan otot kaki yang ideal dan kuat sehingga memiliki bentuk kaki yang sempurna, Anda perlu melakukan yang namanya plyometric pada program latihan kaki Anda ini.

Plyometric sendiri sebenarnya merupakan sebuah metode yang banyak orang meyakini dapat efektif membentuk kaki supaya lebih sempurna dan mengembangkan explosive power bagi Anda para atlet olahraga termasuk juga bagi Anda para atlet binaraga. Dalam tahap pelaksanaannya, ada beberapa metode yang Anda bisa coba terapkan. Apa saja itu?

Tips Pola Latihan Pembentukan Otot Kaki yang Kuat

Metode latihan pembentukan otot kaki pertama yang Anda bisa coba terapkan yaitu :

Metode box jump

Pertama – tama yang Anda perlukan yaitu menyiapkan box gym kemudian Anda berdiri santai didepan box yang Anda siapkan tersebut. Selanjutnya Anda lompati box gym tersebut dengan kedua kaki mendarat secara bersama – sama. Lalu upayakan Anda lompat kembali ke posisi awal sebanyak 4 set dengan repetisi 25 kali setiap setnya. Kalau bisa Anda lakukan metode ini secara rutin setiap pagi dan sore hari.

Split Jump

Dalam metode split jump, pertama – tama Anda posisikan tubuh Anda seperti gerakan lunge dengan salah satu kaki di belakang dan posisi siku ditekuk. Kemudian pastikan supaya lutut kaki depan Anda juga ditekuk sejajar dengan paha dan lutut kaki belakang hampir posisinya menyentuh lantai.

Setelah posisi tersebut kemudian lompatlah sampai kaki Anda lurus sembari Anda mengayunkan kedua kaki di udara lalu Anda turun kembali dengan posisi seperti gerakan lunge dan ulangi gerakan semacam ini sebanyak 4 set masing – masing 50 lompatan. Lakukan sampai tuntas ya.

Freehand Jump Squat

Pertama – tama Anda posisikan diri Anda berdiri dengan kaki selebar bahu dan kemudian Anda silangkan kedua tangan pada area dada Anda. Anda bisa lakukan gerakan squat dengan Anda tekuk lutut Anda 90 derajad.

Selanjutnya Anda lompatlah sampai kedua kaki Anda lurus dan tangan Anda juga tetap menyilang pada area dada Anda. Selanjutnya langsung Anda turun dengan posisi squat dan lakukan 4 set masing – masing sekitar 30 lompatan.

Itulah sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Tips Pola Latihan Pembentukan Otot Kaki yang Kuat bermanfaat.

Artikel ini telah dibaca 204 kali

Baca Lainnya